Praktik pelaporan atau peyusunan laporan PTK perlu mengikuti
sistematika laporan pada umumnya yang dalam garis besarnya dapat di bagi
kedalam tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian isi dan bagian penutup.
A. Bagian Awal
Bagian awal laporan PTK berisi tentang halaman judul, halaman
pengesahan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar
lampiran, dan daftar table.
1. Halaman Judul
Singkat padat (maksimal 22 kata); spesifik; dan cukup jelas; dan cukup
jelas menggambarkan masalah yang akan di teliti, tindakan untuk
mengatasinya, hasil yang di harapkan dan tempat penelitian.
2. Halaman Pengesahan
Ditanda tangani oleh ketua peneliti, kepala sekolah, dan pembimbing atau
pendamping (jika ada), sebagai keterangan bahwa laporan PTK yang
bersangkutan telah memenuhi persyaratan.
3. Abstrak
Abstrak merupakan kepadatan (sari) dai hasil penelitian yang memuat
latar belakang, tujuan penelitian, metode, hasil penelitian, dan
kesimpulan yang ditik satu spasi, dan di rumuskan dalam satu paragraf
dengan jumlah kata kurang lebih 200 kata atau sebanyak satu halaman.
4. Kata Pengantar
Menjelaskan asal-usul mengapa masalah PTK ini di angkat sebagai topic
penelitian, factor-faktor lingkungan yang memberi arti pentingnya
penelitian, kedudukan PTK dalam pemecahan masalah pembelajaran, serta
secerah harapan kepada pihak-pihak yang membaca laporan penelitian.
1. Daftar Isi
2. Daftar Gambar
3. Daftar Lampiran
4. Daftar Tabel
B. Bagian Isi
Bagian isi memuat lima bab penting, yakni pendahuluan, kajian pustaka,
metodologi penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, serta simpulan
serta saran.
BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Uraian secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya
masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh
peneliti. Dalam latar belakang ini juga perlu di kemukakan bahwa
masalah yang di teliti benar-benar nyata dan berada dalam kewenangan
guru, serta ditunjang oleh teori-teori dan hasil-hasil penelitian
terdahulu.
2. Identifikasi dan pembatasan masalah
Asumsi kami, identifikasi masalah adalah pengenalan masalah atau
inventarisir masalah. Identifikasi masalah adalah salah satu proses
penelitan yang boleh dikatakan paling penting diantara proses lain.
Masalah penelitian akan menentukan kualitas dari penelitian, bahkan juga
menentukan apakah sebuah kegiatan bisa disebut penelitian atau tidak.
Masalah penelitian secara umum bisa kita temukan lewat studi literatur
atau lewat pengamatan lapangan(observasi, survey, dsb). Dari berbagai
masalah selanjutnya diadakan pembatasan masalah, mana saja yang menjadi
perhatian dalam PTK.
3. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian yang akan dicapai (umum dan khusus) dirumuskan dengan
jelas sesuai masalah yang dikemukakan sehingga menunjukkan tingkat
efektifitas (atau in-efektifitas) dari suatu perlakuan tertentu sehingga
menjadi input atau informasiyang berharga untuk memperbaiki aturan atau
praktik pembelajaran.
4. Manfaat Penelitian
Dalam penelitian tindakan kelas, Guru atau peneliti secara tidak
langsung akan mengembangkan perangkat-perangkat pembelajaran (suplemen
buku ajar, desain pembelajaran, perangkat keras dan atau perangkat lunak
praktikum, alat evaluasi, dan lain-lain) yang koheren dengan teori yang
mendasari tindakan. Rumuskan manfaat perangkat-perangkat pembelajaran
tersebut kaitannya dengan upaya melakukan perbaikan pembelajaran. Di
samping itu, Guru atau peneliti akan berhasil mengeksplorasi atau
mengungkap temuan data atau fakta empiris. Lakukan prediksi terhadap
data atau fakta empiris tersebut dan rumuskan manfaatnya. Semua manfaat
yang dirumuskan tersebut dispesifikasi untuk siswa, Guru, peneliti,
sekolah, atau pihak-pihak lain yang berkepentingan.
5. Pertanyan Penelitian
Berisi pertanyaan-pertanyaan sesuai dan sejalan dengan tujuan penelitian yang di cari jawabannya dalam penelitian
6. Hipotesis Tindakan
Berisi jawaban sementara dari masalah yang dihadapi, sebagi alternative
tidakan yang dipandang paling tepat untuk memecahkan masalah yang
dipilih melalui PTK.
7. Sistematika Penulisan
Berisi tentang penjelasan sistematika laporan hasil penelitian tindakan
kelas, terutama yang berkaitan dengan isi bab I. pendahuluan sampai bab
V. simpulan dan saran
BAB II KAJIAN PUSTAKA
Membahas kajian teoritis dan empiris yang dilaporkan dalam jurnal,
majalah, situs internet, buku teks atau laporan penelitian tedahulu,
sejalan dengan rumusan dan hipotesis tindakan.
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Menguraikan langkah-langkah penelitian yang akan di lakukan secara
rinci, mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi
refleksi yang bersifat siklus.
BAB IV HASIL PEMBAHASAN
Mengolah data lapangan sesuai dengan yang dituntut oleh penelitian,
sehingga terbuka kesempatan untuk menarik pengertian dan penafsiran
secara tepat dan signifikan. Hasil penelitian di sajikan dalam bentuk
siklus yang di laksanakan dalm PTK dan setiap siklus dilaporkan secara
lengkap, mencakup perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan.
BAB V SIMPULAN dan SARAN
Merumuskan secara ringkas jawaban atas masalah dan hipotesis yang di
teliti, seta tindakan yang dilakukan untuk memecahkan masalah sesuai
dengan siklus yang dikembangkan.
C. Bagian Penutup
Bagian penutup laporan PTK berisi tentang daftar rujukan dan lampiran-lampiran.
1. Daftar Pustaka
Yang dicantuman hanya buku teks, juranal, majalah, atau artikel yang
benar-benar di jadikan rujukan, dan disusun secara alfabetis.
Semua pustaka yang dirujuk guna mendukung penelitian yang dilaksanakan
harus dituliskan pada bagian ini. Daftar pustaka ditulis secara
konsisten mengikuti urutan abjad dan mengikuti aturan tertentu, misalnya
American Psychology Association (APA).
a. Untuk buku teks :
• Nama penulis (dibalik), judul buku (tulis miring), kota penerbit : Nama Penerbit.
• Jika sumber bacaan (buku atau lainnya) tidak ada nama penulis, maka nama penulis diganti dengan “Anonim”.
b. untuk jurnal / majalah
nama Penulis, Tahun, Judul Tulisan, Nama jurnal / majalah (huruf miring), No., Volume.
c. Hasil Penilitian / Laporan Penelitian
d. Nama Peneliti, Tahun, Judul penelitian, jenis penelitian, Sponsor/Sumber. Dana , Kota
Contoh :
Anonim., 2005. Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan
Kelas Tahun Anggaran 2006. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga
Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. Jakarta
2. Lampiran
Melampirkan biodata penulis dan data penunjang hasil penelitian.
sumber: blog tetangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar